Fun Fact Mengenai Digital Marketing

Sosial media sudah menjadi lahan untuk dunia digital marketing, dimana dunia tersebut masih terus menerus berubah. Melalui Dunia yang terus menerus berubah ini, banyak pula fakta-fakta menarik yang dapat ditemukan dan menjadi sebuah insight baru bagi para marketer untuk memanfaatkan sosial media dengan baik dan efektif. Kembali lagi dengan saya Abigail Aurellia, Junior Digital Marketing Specialist dari Ikuti DM. Lalu apa saja ya fakta-faktanya? Yuk kita kulik!

  • Penurunan Facebook:

Pemasar melakukan diversifikasi jauh dari Facebook. Selama 2 tahun terakhir, Facebook kehilangan pangsa sebagai platform paling penting bagi pemasar. Ketika diminta untuk memilih platform tunggal terpenting mereka, Facebook turun dari 67% pada 2018 menjadi 59% pada 2020. Satu dari sepuluh pemasar mengindikasikan bahwa mereka akan mengurangi pemasaran organik mereka di Facebook. Hanya 50% pemasar yang berencana meningkatkan aktivitas organik Facebook mereka, turun dari 62% 2 tahun lalu.

  • Instagram itu populer:

Tujuh puluh enam persen pemasar menggunakan Instagram. Ini adalah platform sosial terpenting kedua untuk pemasaran (di belakang Facebook). Sebanyak 67% pemasar berencana meningkatkan aktivitas organik Instagram mereka selama 12 bulan ke depan. Instagram adalah platform pemasar nomor satu yang ingin dipelajari lebih lanjut.

  • Minat terhadap bot Messenger menurun:

Bot messenger belum cocok dengan pemasar. Hanya 13% pemasar yang menggunakan bot (turun dari 14% pada 2019). Sebagian besar pemasar tidak memiliki rencana untuk menggunakan bot Messenger dan hanya 25% pemasar yang berencana untuk meningkatkan kegiatan bot mereka, turun dari 32% pada tahun 2019. Minat untuk mempelajari lebih lanjut tentang bot Messenger turun menjadi 39% dari 70% pada tahun 2018.

  • TikTok diabaikan oleh sebagian besar pemasar:

Hanya 5% pemasar yang menggunakan TikTok. 74% yang signifikan tidak berencana menggunakan platform di tahun berikutnya; Namun, 30% tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang TikTok.

  • Minat YouTube tinggi:

69% pemasar berencana meningkatkan penggunaan video YouTube dan 73% ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran di platform. YouTube adalah saluran video nomor satu, yang digunakan oleh 55% pemasar.

  • Dominasi Facebook masih kuat:

Sebanyak 94% pemasar menggunakan Facebook (diikuti oleh Instagram sebesar 76%). Lima puluh sembilan persen pemasar mengklaim Facebook adalah platform sosial terpenting mereka. Facebook Live adalah platform video langsung terkemuka yang digunakan oleh 38% pemasar. Iklan Facebook digunakan oleh 70% pemasar dan 58% berencana meningkatkan penggunaan iklan Facebook selama 12 bulan ke depan.

Melalui fakta-fakta ini kita dapat mengetahui banyak celah yang bisa kita manfaatkan dalam dunia digital sehingga dapat berubah menjadi keuntungan dalam digital marketing. Good luck!

Silahkan cek blog kami: https://ikutidm.id/blog-dan-artikel/

Untuk mengetahui profile founder: https://ikutidm.id/founder-story/

List Jasa Digital Marketing kami: https://ikutidm.id/digitalmkt/

Silahkan cek Google Business kami: https://goo.gl/maps/aFLyMPfD1JTe5GUN6