SEO Vs SEM, Mana Lebih Baik?

Kemarin kita telah membahas mengenai search engine namun belum perbandingannya antara search engine optimization dengan search engine marketing. Lalu, mana lebih baik? Halo, perkenalkan saya Abigail Aurellia, Digital Marketing Specialist Junior dari Ikuti DM. Topik yang akan saya bahas adalah mengenai Search Engine. Nah, digital marketing mencakup banyak platform yang berbeda, namun pada saat ini kita akan membahas mengenai bagaimana mengoptimisasi search engine (SEO) dan search engine marketing (SEM). Tapi sebelumnya, yuk belajar terlebih dahulu mengenai apa definisi dari keduanya.

Apa itu SEO? SEO adalah cara untuk memperoleh traffic online, atau audiens, dari sebuah situs web tanpa transfer uang. Ini bekerja dengan menyesuaikan dan menulis ulang konten dalam upaya mencapai daftar pencarian peringkat yang lebih tinggi dan pada akhirnya meningkatkan visibilitas. SEO bertujuan penting untuk menarik perhatian seseorang pengguna untuk mengunjungi situs tertentu menggunakan metode yang organic.  SEO biasanya ditangani oleh perusahaan atau individu yang menjalankan situs web, atau oleh spesialis periklanan yang disewa yang menangani secara khusus dalam tehnik mesin pencari ini. Sedangkan SEM secara sederhana adalah peningkatan lalu lintas situs web dengan sistem membayar kepada search listings. SEM merupakan bentuk pemasaran digital yang melibatkan promosi situs web untuk meningkatkan visibilitas  melalui iklan berbayar. SEM bertujuan sebagai bentuk utama usaha untuk menghasilkan keuntungan melalui search engine.

Berikut perbandingan manfaat dan aspek positif dari kedua search engine tersebut:

SEO

  • Gratis = hemat biaya
  • Peningkatan konten dengan keywords = ke peningkatan lalu lintas
  • SEO memberikan paparan kepada para pengguna yang berharap menemukan solusi
  • Membangun merek atau nama perusahaan
  • Cenderung lebih dapat dipercaya

SEM

  • Biaya dapat dikendalikan
  • Dapat mengontrol visibilitas iklan dan tempat iklan
  • Mudah dikelola
  • Peningkatan traffic website yang lebih efektif
  • Brand mudah diingat oleh pengguna

Berikut perbandingan dengan manfaat dan tujuannya masing-masing, jadi kalian mau pakai yang mana?

Silahkan cek blog kami: https://ikutidm.id/blog-dan-artikel/embed/#?secret=Lds2pMMSOI

Untuk mengetahui profile founder: https://ikutidm.id/founder-story/embed/#?secret=Kh2KrN3NLA

List Jasa Digital Marketing kami: https://ikutidm.id/digitalmkt/embed/#?secret=FfDExjU1ec

Silahkan cek Google Business kami:

https://goo.gl/maps/aFLyMPfD1JTe5GUN6