Tips And Trick Agar Digital Display Advertising Berhasil!

Tips And Trick Agar Digital Display Advertising Berhasil!

Dalam aktivitas sehari-hari, iklan dapat ditemukan di mana-mana, pada zaman milenial ini, penting lho untuk fokus terhadap tampilan digital sebuah iklan atau Digital Display Advertising. Kembali lagi dengan saya Abigail Aurellia, Junior Digital Marketing Specialist dari Ikuti DM. Sekarang saya akan membahas mengenai Digital Display Advertising dan apa sih definisinya.

DDA adalah bentuk pemasaran yang terjadi dalam suatu situs web yang berbentuk mirip dengan iklan tradisional yang terdiri dari tulisan, audio atau berbagai jenis gambar dan video. Jenis dari DDA terdiri dari dua yaitu native (asli) dan display (tampilan online). Iklan native dianggap lebih menyatu dengan konten situs web dan biasanya tampaknya dianggap otentik dan lebih dapat dipercaya. Sedangan Iklan display, di sisi lain, didefinisikan sebagai iklan apa pun yang ditemukan dalam situs web yang jelas merupakan sarana promosi yang juga sering ditemukan dalam bentuk banner dalam bentuk video atau klip audio. Lalu apa sih tujuan DDA dirancang?

Digital Display Advertising dirancang untuk memberikan keuntungan bagi bisnis periklanan atau perusahaan, dengan menghasilkan traffic ke situs webnya. Ini dilakukan dengan membebankan biaya kepada pengiklan untuk menempatkan promosi atau iklan ini di situs web secara strategis untuk mendapatkan tingkat konversi yang diinginkan. Kenapa? Hal ini dilakukan untuk dapat menghasilkan iklan yang terarah kepada audiens tertentu atau mengidentifikasi target pasar dengan baik. Apa saja sih manfaat penggunaan DDA?

Berikut beberapa manfaat Digital Display Advertising:

  • Kampanye yang hadir dengan banyak fleksibilitas, format, ukuran dan gaya yang berbeda untuk menghasilkan kampanye yang paling sesuai dengan pengiklan
  • Cenderung lebih murah jika kampanye tidak berhasil
  • Mudah menargetkan demografi lokal atau global
  • Keberhasilan kampanye mudah diukur melalui analisis aktivitas

Tapi jangan lupa bahwa menggunakan metode ini juga memiliki tantangannya tersendiri. Ada kelemahan dalam menggunakannya sebagai strategi pemasaran yaitu:

  • Kurangnya interaksi oleh pegguna/user.
  • Metode yang sangat visual dalam meraih traffic
  • Memerulkan banyak upaya dalam menerapkan strategi DDA karena tingkat konversi yang kurang dari 1%
  • Pemblokir iklan memungkinkan pengguna mengabaikan DDA

Dapat disimpulkan bahwa DDA memiliki peluang lebih tinggi untuk membawa traffic yang bertarget untuk mencapai ukuran keberhasilan strategi. Namun jangan lupa bahwa itu sama pentingnya untuk melibatkan elemen format dalam strategi pemasaran langsung. Pengguna harus dapat memahami pesan atau petunjuk di balik iklan untuk menjadi terpengaruh dan menjalani hasil yang diinginkan melalui format/rancangan yang baik. Rancangan yang didukung oleh visual yang menarik sehingga menghasilkan iklan yang menarik. 

Nah maka dari itu, untuk mencapai kampanye yang sukses, pengiklan harus fokus pada dua aspek, yaitu penargetan audiens yang tepat dan melihat bagaimana kampanye yang sukses diukur. Tercatat bahwa ada lima pengukuran yang diterima secara umum yaitu:

  • Reach

Untuk mengukur kesuksesan jangkauan kampanye

  • CTR (Click Trough Ratio)

Probabilitas potensi pelanggan yang mengklik/ terlibat iklan

  • BCR (Bounce Rate)

Persentase pengguna yang hanya mengunjungi satu halaman

  • CVR (Conversion Rate)

Jumlah orang yang mengikuti tindakan pengiklan

  • ROI (Return of Investment)

Pengembalian investasi dari aspek keuangan

Melalui kelima aspek ini akan terukur keberhasilan strategi Digital Display Advertising yang akan dicapai oleh bisnis tersebut. Tunggu apa lagi? Yuk coba aplikasikan teori ini untuk mengukur sebuah kampanye iklan tampilan digital yang sukses!

Silahkan cek blog kami: https://ikutidm.id/blog-dan-artikel/embed/#?secret=Lds2pMMSOI

Untuk mengetahui profile founder: https://ikutidm.id/founder-story/embed/#?secret=Kh2KrN3NLA

List Jasa Digital Marketing kami: https://ikutidm.id/digitalmkt/embed/#?secret=FfDExjU1ec

Silahkan cek Google Business kami:

https://goo.gl/maps/aFLyMPfD1JTe5GUN6