Search Engine dan Hubungannya dengan Search Engine Optimization

Digital Marketing adalah tehnik pemasaran yang terus berkembang. Lalu apa manfaat search engine dalam Digital Marketing? Kembali lagi dengan saya Abigail Aurellia, Junior Digital Marketing Specialist dari Ikuti DM. Topik yang akan saya bahas adalah mengenai Search Engine. Nah, digital marketing mencakup banyak platform yang berbeda, namun pada saat ini kita akan membahas mengenai bagaimana mengoptimisasi search engine (SEO) sehingga menjadi platform yang efektif untuk pemasaran. Tapi sebelumnya, yuk belajar terlebih dahulu mengenai apa itu Search Engine.

Search engine itu tidak lebih dari database untuk informasi yang ditemukan di internet. Ini adalah kumpulan situs web, dokumen, gambar, dan video yang tersedia untuk dilihat publik, seperti perpustakaan, tetapi online dan dapat diakses hampir dari mana saja di dunia. Bagaimana agar search engine dapat menjadi optimal? Search engine dapat berfungsi dengan menggunakan serangkaian kata kunci atau keywords yang digunakan oleh pengguna untuk mencari artikel, situs web, atau media lain yang terkait dengan kata- kata ini. Ada beberapa jenis pencarian, di luar proses pencarian yang standar untuk dicari meliputi aspek akademik, gambar, lokal, berita, video dan industry khusus. Faktor ini akan menggunakan istilah pencarian untuk menghasilkan daftar hasil dari riwayat pengguna sebelumnya atau preferensi wilayah tertetu. Kemungkinan hasil akan sesuai dengan hasil pencarian pengguna tersebut sebelumnya dan menjadi relevan dengan kata kunci yang digunakan. Maka, penting untuk mengoptimasi mesin pencaari atau SEO (Search Engine Optimization).

Apa itu SEO? SEO adalah cara untuk memperoleh traffic online, atau audiens, dari sebuah situs web tanpa transfer uang. Ini bekerja dengan menyesuaikan dan menulis ulang konten dalam upaya mencapai daftar pencarian peringkat yang lebih tinggi dan pada akhirnya meningkatkan visibilitas. SEO bertujuan penting untuk menarik perhatian seseorang pengguna untuk mengunjungi situs tertentu menggunakan metode yang organic. SEO biasanya ditangani oleh perusahaan atau individu yang menjalankan situs web, atau oleh spesialis periklanan yang disewa yang menangani secara khusus dalam tehnik mesinn pencari ini. Penggunaan SEO datang dengan sejumlah manfaat bagi organisasi dan beberapa aspek positif dari SEO: 

  • Gratis = hemat biaya

Karena pengiklan atau perusahaan tidak perlu membayar siapa pun untuk dimasukkan dalam hasil pencarian, tidak ada biaya untuk menjadi di antara hasil teratas; tetapi butuh banyak waktu untuk mewujudkannya.

  • Peningkatan konten dengan keywords = ke peningkatan traffic

Dari waktu ke waktu, karena semakin banyak hasil yang dipilih, semakin tinggi peringkatnya, yang berarti bahwa itu akan secara alami menarik pengguna ke situs.

  • SEO memberikan paparan kepada para pengguna yang berharap menemukan solusi
  • Membangun brand atau nama perusahaan
  • Cenderung lebih dapat dipercaya

Karena pengguna lebih cenderung memercayai hasil organic tanpa sponsor berbayar. Rasa dapat dipercaya ini berperan dalam kemampuan situs untuk mengonversi user. Ketika calon pelanggan mencari produk atau layanan tertentu, mereka sudah tertarik pada apa yang akan disediakan oleh daftar pencarian. Ketika cantuman yang tidak dibayar memenuhi kriteria pencarian pengguna, itu menjadi lebih menarik bagi mereka. Bertemu dengan persepsi dapat dipercaya, ada kemungkinan yang jauh lebih tinggi untuk mengkonversi, atau menutup, lalu lintas yang dihasilkan melalui SEO.