Website Sebagai Alat Digital Marketing

Website sudah menjadi bagian besar dari sesuatu yang digital. Dalam sehari-hari seorang user mengakses sosial media pun terkadang masih menggunakan situs web pula. Lalu hal ini menjadi penting bagi sebuah brand digital untuk membuat situs web yang efektif dengan desain yang mendukung. Bagaimana caranya ya?

Kembali lagi dengan saya, Abigail Aurellia sebagai Junior Digital Marketing Specialist Junior dari Ikuti DM. Topik yang akan saya bahas adalah mengenai Situs Web. Nah, situs web dapat didefinisikan sebagai grup
gabungan dari halaman web yang tersedia di setidaknya satu server web publik, yang digunakan untuk keperluan pribadi, perusahaan, industri, pemerintah, nirlaba dan biasanya terkait dengan topik atau tujuan tertentu, seperti berita, pendidikan, atau hiburan.

Tapi sebelumnya, yuk belajar terlebih detail dahulu mengenai apa itu Situs Web. Website dapat diidentifikasi oleh nama domain dan dapat mencakup berbagai konten, seperti teks, video, gambar, dan media lainnya. Situs web sendiri adalah kumpulan situs web publik yang membentuk apa yang dikenal sebagai World Wide Web, sedangkan intranet adalah tempat situs pribadi dapat ditemukan.

Website

Bagaimana cara memiliki website ya? Untuk memiliki situs web, perlu ada serangkaian halaman yang terhubung bersama. Halaman ini dapat disebut sebagai Halaman Web. Menurut definisi, halaman web adalah dokumen atau halaman, yang ditampilkan pada browser, sebagai bagian dari situs web yang lebih luas yang muncul ketika alamat web atau tautan dipilih oleh pengguna, tetapi juga bisa berupa daftar hasil mesin pencari. Biasanya terdiri dari HTML, atau teks dengan berbagai desain dan gaya,
dan visual (seperti audio, gambar atau foto, dan video, misalnya).

Halaman terpisah yang sering diakses inilah yang merupakan kumpulan dari masing-masing halaman web yang ketika digabungkan, membentuk sebuah situs web.

Situs web tidak hanya memiliki satu jenis loh, tetapi ada berbagai jenis situs web:

  • Blog
  • Branding
  • Crowdsourcing
  • Profil Perusahaan
  • Galeri / Portofolio
  • Pemerintah
  • Game / Judi
  • Berita
  • Search Engine
  • Jaringan Sosial
  • Webmail

Situs Web dapat dinilai sebagai alat pemasaran yang efektif, namun juga memiliki beberapa hal baik dan buruk yang harus dipertimbangkan seperti:

  • Mempermudah interaksi dengan pelanggan
  • Mengurangi jam kerja
  • Menghemat waktu dan uang
  • Membantu pengguna memahami produk dan brand
  • Pelanggan menilai situs web kurang personal
  • Desain web harus dirancang dengan baik
  • Managemen dan traffic harus diperhatikan

Situs web yang digunakan sebagai dasar untuk banyak aspek pengambilan keputusan saat ini dapat dijadikan salah satu alas an mengapa pelanggan dapat mengunjungi internet untuk meneliti produk dan layanan sebelum melakukan pembelian.

Dengan memiliki situs web perusahaan atau merek, ini membantu bisnis untuk membangun kehadiran atau reputasi online yang profesional, sementara juga meningkatkan kepercayaan dan hubungan dengan pelanggan potensial, sehingga ada baiknya untuk mempertimbangkan
secara matang agar kehadiran online dapat meningkatkan suatu bisnis online.