Pengenalan Digital Marketing 3 : Apa Sih Kunci Suksesnya Digital Marketing?

Kunci Digital Marketing

Apa sih kunci digital marketing bisa sukses? Kembali lagi dengan saya, Daniel Sastraamidjaja, seorang digital marketer yang pernah berhasil meningkatkan penjualan online dari 20 juta per bulan hingga 14 miliar per bulan dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Topik kali ini adalah pertanyaan yang sering sekali diajukan kepada saya, terutama kalau pertama kali consulting. Dan jawaban saya sangat simple: KONSISTENSI.

Konsistensi : Kunci Digital Marketing

Mengapa konsistensi? Bukankah banyak sekali teknik – teknik digital marketing yang dapat di-aplikasikan? Mengapa tidak menggunakan media sosial? Mengapa tidak pakai website? Jawaban saya: Sebagus apapun teknik digital marketing, semuanya akan sia – sia jika kita tidak konsisten. Konsistensi adalah KUNCI DIGITAL MARKETING untuk sukses. Saya akan bahas beberapa alasannya ya.

  1. Mesin pencari seperti Google, Bing, dkk bekerja dengan cara mengenali konten seperti apa yang anda tunjukkan di website, media sosial, bahkan toko online anda di Ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll.
    Bagaimana mereka bisa identifikasi konten anda? Salah satunya adalah keywords yang anda gunakan. Misalnya anda berjualan sepeda roda tiga, dan anda telah menentukan bahwa keywords “sepeda roda tiga” yang akan menjadi jualan utama anda. Anda harus konsisten menggunakan keywords tersebut di semua channel seperti website, media sosial, dan e-commerce bisnis anda.
    Dengan demikian, Google dkk dapat dengan mudah mengasosiasikan keywords tersebut dengan bisnis anda, untuk dicari oleh orang lain.
  2. Audience adalah orang yang melihat/mendengar konten anda, baik di website, media sosial, atau di toko online. Bayangkan anda sebagai seorang audience yang tertarik pada satu bisnis online, dan anda suka konten nya. Suatu saat, bisnis ini berhenti upload konten. Apa yang terjadi? Tentunya anda merasa bahwa bisnis online tersebut sudah tidak update, dan berhenti menjadi follower nya. Sungguh merugikan bukan? Oleh karena itu, konsisten upload konten merupakan salah satu hal paling penting dalam digital marketing.
  3. Media Sosial seperti Facebook, Instagram, dll memiliki algoritma untuk memperlihatkan konten – konten yang menarik untuk pengguna aplikasi mereka. Makin banyak engagement (seperti like, comment, jumlah dilihat, dll) maka makin banyak pula audience nya. Istilah kerennya adalah Viral Content Marketing. Apa yang terjadi kalau kita kurang konsisten upload konten? Ya semakin kecil pula audience kita, karena algoritma media sosial melihat bahwa konten kita terlalu sedikit audience nya. Ada hubungannya sih dengan point no. 2 tadi sih tentang hilangnya audience kita.

Bagaimana caranya untuk konsisten upload konten digital marketing? Saya akan bahas di kelas pengenalan digital marketing berikutnya. Saya Daniel Sastraamidjaja, seorang digital marketer. Sampai Jumpa di blog berikutnya!