Pengenalan Digital Marketing 1 : Apa Essensi Digital Marketing?

Perkenalkan, nama saya Daniel Sastraamidjaja, seorang digital marketer yang pernah berhasil meningkatkan penjualan online dari 20 juta per bulan hingga 14 miliar per bulan dalam waktu 11 bulan. Saya telah mengajar kelas digital marketing selama bertahun-tahun dan berhasil membantu puluhan pebisnis dalam mengembangkan usaha mereka.

Banyak orang mengatakan, digital marketing adalah tentang jualan online. Ada juga yang menganggap digital marketing hanya soal jualan di media sosial. Akibatnya, banyak yang menjadi salah kaprah dan akhirnya media sosial hanya digunakan menjadi media jualan saja.

Kelas Digital Marketing
Digital Marketing?

Padahal, digital marketing TIDAK se simple itu. Coba anda bayangkan, seandainya media sosial anda dipenuhi hanya foto, harga, dan spesifikasi barang jualan saja, dan anda melihat nya TIAP HARI. Tentu sangat membosankan bukan? Anda seperti berada dalam toko serba ada, padahal tujuan utama media sosial adalah membangun koneksi dengan saudara, teman, dan relasi anda.

Mungkin banyak di antara kita sudah meluangkan waktu untuk mengikuti Kelas Digital Marketing, membayar sejumlah uang untuk belajar Digital Marketing secara sungguh – sungguh, namun sayang nya tidak mendapatkan ilmu apapun. Kalaupun dapat, ilmu yang didapat terlalu dangkal atau terlalu sulit sehingga sulit dipraktek kan.

Jadi, apa sih sebenarnya esensi digital marketing? Jawabannya telah saya sebutkan tadi. Anda harus membangun koneksi, sesuai dengan tujuan dari media sosial. Tentu anda bertanya – tanya, “Mengapa saya harus membangun koneksi? Apa pentingnya?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan menceritakan sebuah studi kasus. Anggaplah anda bertemu dua orang, sebut saja A dan B. A dan B ini memiliki bisnis yang sama. Setiap kali anda bertemu dengan A, yang dibicarakan hanya soal harga barangnya, spesifikasi nya, dan lain2. Tentunya sangat membosankan bukan?

Mari kita beranjak ke B. Setiap kali ngobrol dengan B, anda dapat mengobrol dengan enak. Hal yang dibicarakan macam – macam, mulai dari curhat, topik sehari – hari, bahkan terkadang B memberikan anda tips & trik yang baik untuk bisnis anda sendiri, berdasarkan pengalaman dia.

Seandainya suatu saat anda membutuhkan sebuah barang/jasa yang dijual oleh kedua orang tadi, manakah yang anda pilih? Saya yakin, sebagian besar dari kita akan memilih B, walaupun mungkin harganya sedikit mahal. Mengapa? Karena antara anda dan B telah terjadi sebuah KONEKSI.

Koneksi Digital Marketing
Koneksi Digital Marketing

Secara psikologis, manusia merasa lebih nyaman untuk melakukan pembelian apabila telah mengenali sang penjual, apalagi di negara dengan interaksi sosial yang intense seperti di Indonesia. Dengan terjadinya sebuah koneksi, anda pun mampu menjual TANPA harus saingan harga. So, siapa bilang digital marketing harus selalu saingan harga supaya laku? Demikianlah penjelasan saya hari ini, kita akan bahas topik menarik lainnya tentang kelas digital marketing di video berikutnya. Saya Daniel Sastraamidjaja, seorang digital marketer. Sampai Jumpa!