Bagaimana Caranya Website Kita Cepat Dikenali Google?

Statistik website ikutidm.id

Seperti yang dapat dilihat di atas, saya mulai membangun website www.ikutidm.id ini dari tanggal 16 April 2020. Misi saya adalah agar website ini bisa menjadi rujukan untuk tips&trik terbaru digital marketing, berita2 teknologi terbaru dan info jasa digital marketing yang saya tawarkan.

Untuk membangun website ini dari 0, saya membutuhkan waktu 1 minggu, dan 2 minggu berikutnya untuk menyempurnakan website ini dari segi user experience agar nyaman dibaca, mudah di akses, serta loading nya cepat.

Dalam masa2 itu juga, saya menyempurnakan semua hal yang dibutuhkan Google, untuk segera mengindex website saya supaya bisa masuk di Google Search. Dan MANTAP, hari ini tanggal 14 Mei 2020 ternyata website saya mulai masuk di Google Search dan Search Engine lainnya!

baru dapat 3 search / hari, start yang bagus untuk website umur 1 bulan

Jadi, kalau terhitung 1 bulan dari website yang tidak ada apa2 nya, dan 3 minggu untuk membangun dan menyempurnakan, maka saya hanya butuh 1 minggu agar website saya masuk ke Google Search dan Search Engine lainnya!

Jadi konsepnya, anggaplah website anda itu dalam tahap2 berteman dengan Google. Berdasarkan pengalaman saya, beberapa hal ini yang menjadi pertimbangan agar sebuah website bisa cepat masuk Google Search:

  • Masukkan Website anda ke Google Search Console, dan Webmaster lainnya.
    Webmaster / Search Console itu seperti anda mendaftarkan website anda di sebuah buku tamu perusahaan, dalam hal ini Google dan kawan2 nya. Hal ini penting dilakukan agar mereka bisa segera mengetahui bahwa website anda sudah ada, serta bisa segera di index.
  • Berikutnya, Segera daftarkan di Google Analytics.
    Apa itu Google Analytics? Logika nya begini: Setelah anda mendaftarkan website anda di “buku tamu” mereka, tentunya Google harus mengenali website anda, seperti keywords apa yang anda gunakan, apa tujuan website anda, dan apa yang dilakukan pengunjung website anda. Google Analytics juga berguna untuk anda mengetahui halaman website apa saja yang paling sering diakses / kegiatan lainnya yang dilakukan oleh pengunjung website anda.
  • Buatlah referral ke website anda sebanyak mungkin.
    Setelah mulai mengenali website anda, Search Engines harus mendapati referral dr beberapa website lainnya. Seperti yang saya sebutkan di awal, anggaplah Google sebagai teman anda. Pada tahap ini, Google mulai mengenali website anda, namun harus lebih diyakinkan dengan adanya referensi / disebutkan oleh “teman2” lainnya seperti media sosial, blog lain, atau website2 lainnya. Sebutkan website yang sudah anda buat ini di semua profile media sosial, atau E-commerce yang anda masuki.
  • Bagaimanapun caranya, buatlah user berlama2 di website anda.
    Salah satu penilaian Google apakah website anda pantas / tidak pantas untuk mereka tampilkan di mesin pencari miliknya adalah dengan mengecek: Berapa lama pengunjung website anda menghabiskan waktu mereka di website anda? Kalau ternyata waktu yang dihabiskan terlalu singkat (di bawah 1 menit), website anda akan dinilai tidak relevan oleh Google. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah membuat artikel, masukkan link video anda dr Youtube sehingga ditonton, atau cara2 lainnya misalnya bermain games, dll.

Demikian lah tips dan trik dari saya agar website kita cepat masuk Google dan Search Engines lainnya. Selamat mencoba!