Belajar Bisnis dari Penjual Tahu Bandung

Ilustrasi Tahu Bandung

Jadi ceritanya, tadi kan lewat tuh tukang tahu Bandung yg keliling2 naek sepeda motor. Nah dia ini unik jualannya, pake lagu2 Sunda gitu deh, merdu pkoknya. Sebenernya dia sering tuh lewat2, bbrp kali gw denger lagu nya. Hari ini saking kepo nya gw, gw akhirnya manggil tuh tukang tahu buat beli.

Terus gw tanya “Berapa bang harga nya?”. “15rb satu bungkus” katanya. Ya sudah, gw pesen dong sama dia, “pesen 2 bungkus ya bang”. Gw ambil duit ke belakang. Cuma sekitaran 2 menit doang..Pas balik mau kasih uang, dia malah lagi melayani pesenan orang lain. Gw dicuekin. Eh tau2 nya dia ternyata malah bilang “Habis!” ke gw. Asli dah BETE BENER.

Dari kejadian Tukang Tahu ini, gw belajar 3 hal:

  1. Kalo merasa koq jualan kita gak laku, ga ada yg lihat konten kita, dll, JANGAN KUATIR. Siapa tau mereka2 yg kayaknya “cuek” ternyata nanti jadi beli. Banyak lho followers yang jadi silent reader 😀 eh taunya langsung beli.
  2. Kalau kita kurang gerak cepat, ternyata kesempatan bisnis bisa aja direbut org lain. Padahal kita dlu yg menyadari kesempatan itu. Kayak tadi tuh kan saya dlu yg manggil tukang tahu nya, eh diserobot org lain. Dunia bisnis pun spt itu, mungkin malah lebih kejam.
  3. Jadilah pebisnis yang punya etika. Kalau tadi tukang tahu nya punya etika bisnis yg lebih baik, tentunya dia akan mendahulukan saya yang sudah order duluan, apalagi saya sudah bilang akan beli 2 bungkus dan dikonfirmasi. Ke depannya orang mau bisnis lagi jadinya ya ga dipercaya.

Ya kira2 gitu deh cerita tukang tahu hari ini. Temen2 ada yg pernah mengalami?